Cara Membuat List Wisata ini Cocok untuk Wisatawan Pemula

Cara Membuat List Wisata

Cara Membuat List Wisata – Ada banyak yang bertanya; kok artikel kemarin isinya tentang membuat list terus sih, emang list wisata itu yang kaya gimana, sih? List wisata itu penting tidak? Dan, bagaimana cara membuat list itu, sedang kita sendiri adalah orang yang jarang berwisata.

Baiklah, untuk menjawab ini, langsung saja kami jadikan konten; agar makin mudah dipahami, dan makin banyak yang baca. Dan pada akhirnya, kalian akan semakin paham dan mengerti betapa list ini amat penting.

Apa itu list wisata? List wisata adalah daftar yang harus kalian siapkan sebelum berwisata atau mengunjungi tempat wisata. Sederhananya, daftar ini mirip dengan runtutan kegiatan, pendanaan, lokasi mana yang akan kalian kunjungi nanti. Dengan adanya list ini wisata kalian diharapkan runut, tidak random, dan tidak membuat kalian bingung saat sudah sampai di kota wisata.

Bagaimana cara membuat list wisata? Mudah, kok. Membuat daftar wisata ini mirip dengan membuat daftar belanja. Yang kalian perlukan hanya mencari tahu wisata mana yang kalian akan kunjungi, berapa biayanya, bagaimana menuju ke sana, dan berapa biaya yang harus kalian keluarkan.

Masih bingung juga? Baiklah. Di bawah ini akan kami berikan contoh bagaimana membuat daftar wisata ini. Dan biar kamu makin paham, kami akan tunjuk Cirebon sebagai kota wisata rujukan. Akan kami jelaskan apa dan bagaimana membuat list wisatanya. Kamu bisa pakai rujukan ini bila menurutmu ini baik dan sesuai dengan keinginanmu. Namun bila tidak, atau ada beberapa poin yang kamu anggap kurang, kamu bisa perbaiki, tambahkan, atau ganti poin-poin tersebut.

CARI LIST TEMPAT WISATA ADALAH CARA MEMBUAT LIST WISATA YANG PERTAMA DAN UTAMA

Jika kamu mengunjungi sebuah kota wisata, alangkah baiknya kamu pertimbangkan dulu tujuan wisata kamu. Tanya pada diri kamu; mau kemana dan tempat seperti apa yang dituju. Jika sudah, baru cari deskripsi tempat, lokasi, akomodasi, transportasi dan biaya yang harus dikeluarkan.

Misalnya begini. Di Cirebon kamu ingin jalan-jalan menikmati bangunan klasik peninggalan kesultanan Cirebon. Jika begitu list yang harusnya muncul pertama kali adalah keraton yang ada di Cirebon. Sebut saja Keraton Kesepuhan, Kanoman, atau Kacirebonan.  Nah bila lokasi tadi sudah muncul, baru kita bikin kolom baru mengenai lokasi. Lokasi ketiganya ada di daerah Lemahwungkuk dan Pekalipan Kota Cirebon.  Dalam kolom yang sama kamu juga harus membuat jarak antar ketiganya. Misal dari Kanoman ke Kesepuhan berapa; Kesepuhan ke Kacirebonan berapa dan sebagainya.

Pada dasarnya, cara membuat list wisata ini menitik beratkan pada detail lokasi. Detail dan data tersebut kemudian akan kalian simpan dan patenkan. Tujuannya, agar kalian tahu kemana kalian harus berwisata dan ke arah mana kalian harus menuju tempat wisata tersebut.

AKSES MENUJU LOKASI MENJADI TAHAPAN DARI CARA MEMBUAT LIST WISATA BERIKUTNYA

Jika kalian sudah menemukan kemana kalian akan berwisata, selanjutnya, tentukan dan/atau cari tahu bagaimana kalian bisa ke lokasi tersebut? Dengan apa kalian bisa ke lokasi? Dan dari titik mana kalian harus mulai perjalanan menuju lokasi wisata yang sudah kalian tentukan?

Ok, sederhananya begini; menentukan akses ke lokasi dasarnya adalah kendaraan apa yang kalian gunakan untuk wisata. Jika kalian menggunakan kereta, maka start kalian stasiun. Jika mobil, start kalian bisa dari pintu tol. Jika dengan pesawat, start kalian bisa dari bandara.

Baik, mari kita mulai tahapan cara membuat list wisata ini. Untuk memulai, kita awali dengan pengandaian bahwa kamu datang ke Cirebon menggunakan kerketa.

Di Cirebon sendiri ada 2 stasiun yang bisa kalian gunakan; Stasiun Prujukana dan Cirebon. Dari Prujukan ke Lemahwungkuk terbilang dekat. Kamu bisa menggunakan ojeg online untuk ke sana. Waktu tempuh dari lokasi ke stasiun kurang lebih 10-15 menit, tergantung kondisi jalan. Dan bila kamu turun dari stasiun Cirebon, kamu juga bisa menggunakan kendaraan yang sama. Hanya waktu tempuhnya yang berbeda, berkisar antara 15-20 menit. Itu pun tergantung situasi jalan.

Kalian mungkin bertanya; kenapa penggunaan ojeg online masuk dalam cara membuat list wisata ini? Begini. Pada dasarnya semua tergantung selera, sih. Tapi bila berbicara mengenai perencanaan, ojeg online jauh lebih baik untuk hal ini. Kamu bisa melihat tarif dari sebelum kamu sampai di Cirebon. Tarif itu nanti bisa kalian masukkan dalam list.

Nah, bila kalian dari tol, keluarlah dari tol Cipernah arah Kuningan. Kemudian lanjutkan perjalalanan menuju Kesambi dan dilanjutkan ke Lemahwungkuk. Lamanya perjalanan sekitar 20-30 menit, tergantung kondisi jalan.

Bila kamu dari bandara Kertajati, satu-satunya yang bisa kami anjurkan dalam cara membuat list wisata ini adalah dengan menyewa mobil. Kamu bisa menyewanya sejak dari sebelum kamu terbang. Lebih baik sewa sekaligus sopir agar perjalanan kalian makin nyaman. Kalian hanya tinggal meminta sopir untuk ke lokasi nanti.

Baca juga :

MENGHITUNG ANGGARAN ADALAH PENUTUP DARI CARA MEMBUAT LIST WISATA YANG SATU INI

Ada biaya yang musti kalian perhatikan. Biaya tersebut antara lain; biaya masuk (HTM), biaya transport, biaya makan, biaya guide (jika diinginkan) dan biaya penginapan (jika ingin menginap). Untuk lebih memudahkan, kalian bisa pakai beberapa aplikasi perjalanan untuk biaya penginapan. Sedang untuk biaya transport wisata, kamu bisa pakai ojeg online.  Sedangkan untuk biaya HTM keraton kurang lebih 10-20 ribu. Biaya makan (makan di warung) kurang lebih 10-20 ribu, tergantung lauknya. Dan untuk biaya guide kurang lebih 50-100 ribu.

Dalam pembuatan biaya di atas baiknya kalian tambahkan 20-50% dari rincian di atas. Tujuannya untuk biaya tak terduga bila ada oknum nakal dan menaikkan harga.

Data semua biaya dengan sebenar-benarnya. Jangan pernah mengirit-irit biaya dalam penerapan cara membuat list wisata ini. Tujuannya agar kalian tidak kelaparan atau capek jalan kaki. Tak apa menggelembungkan biaya barang 20-50%. Tapi jangan lihat penggelembungan itu sebagai biaya utuh. Kalian harus tetap pergunakan biaya wajar (biaya tanpa penggelembungan) dalam penggunaan normal.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam cara membuat list wisata. Terserah bagian mana yang harus kalian tambahkan. Yang terpenting dalam list ini adalah data wisata, transport/akses dan keuangan harus ada, jangan sampai tidak. Masalahnya, jika data-data tadi tidak ada, besar kemungkinanya kalian akan tersasar atau bingung setelah sampai lokasi.