Keren Ini Dia Dua Fitur Dari Update Google Maps Update Terbaru

Keren Ini Dia Dua Fitur Dari Update Google Maps Update Terbaru

Di jaman sekarang ini, yang memang apa – apa serba digital dan selalu terkoneksi dengan yang namanya internet, segala hal bisa dilakukan dengan cukup mudah terutama bagi para manusia kaum millenials seperti sekarang ini yang selalu tak bisa lepas kehidupannya dari yang namanya gadget. Segala hal atau aktifitas manusia era milenialls sekarang ini, segalanya sudah bisa di atur melalui gadget terutama ponsel berjenis smartphone yang pada dasarnya memang tipe berjenis ponsel pintar dan serba bisa, yang memungkinkan para penggunanya untuk bisa  mengatur jadwal keseharian mereka, bermain games, menonton film, mengatur kadar diet, sampai dengan pengatur navigasi arah.

Semua itu sekarang bisa dilakukan dengan gadget kecil dan praktis tersebut yang bisa di jalankan dengan aplikasi bersangkutan yang bisa di dapatkan secara gratis di toko aplikasi yang sudah tersedia, dan tak sedikit pula yang memang pada dasarnya sudah di sematkan atau built in di dalam paket ponsel smartphone kalian dari awal pembeliannya.

Dan berbicara aplikasi navigasi yang disematkan di ponsel smartphone kalian terutama yang smartphonenya menggunakan sistem OS android, maka sistem navigasi arah keluaran Google, yaitu google maps selalu di jadikan pilihan utama dari para pemakai ponsel pintar dengan sistem OS berlogo robot kaleng berwarna hijau tersebut. Dan bahkan bisa dibilang website atau aplikasi penunjuk arah dari Google tersebut adalah yang paling populer dibandingkan dengan sistem navigasi dari pihak pengembang lainnya dan selalu di jadikan pilihan utama oleh kebanyakan orang – orang pada umumnya untuk mencari lokasi jalan, informasi tempat dan melihat informasi rute yang akan dilalui entah dengan berjalan kaki, menaiki transportasi umum, sampai dengan memakai kendaraan pribadi.

Dan jika kamu – kamu memang pemakai utama dari aplikasi penunjuk arah dari Google tersebut, bersiaplah untuk mendapatkan dua fitur baru dari updatten google maps tersebut.Karena dalam ajang tahunan I/O 2019, Google akan segera merilis serangkaian fitur baru pada sejumlah layanannya. Salah satunya adalah fitur navigasi 3D dan mode menyamar( Incognito )ke dalam update terbaru dari google maps.

Perwakilan dari Google yaitu, Mrs.Sabrina Ellis mendemonstrasikan kedua fitur tersebut, dihadapan para undangan dan jurnalis di Google Ampitheatre, termasuk media Kompas Tekno yang juga turut diundang untuk menghadiri ajang pameran teknologi terbesar milik Google tersebut.

Dan pada saat pihak Google tersebut mendemonstrasikan fitur navigasi 3D, google maps akan menggunakan teknologi Augmented Reality( AR )untuk bisa menunjukan arah dengan memanfaatkan kamera di smartphone milik para penggunanya. Jadi maksudnya, ketika para pengguna google maps versi terbaru tersebut mengarahkan kamera ke arah jalan raya saat navigasi, aplikasi google maps akan menunjukan informasi arah yang harus ditempuh dengan memanfaatkan kamera. Jadi para pengguna cukup mengarahkan smartphone mereka kedepan dan akan muncul semua informasi serta penunjuk arah yang harus ditempuh.

Menurut Mrs. Sabrina Ellis menambahkan, jika saat ini fitur navigasi 3D berbasis AR pada google maps sudah bisa di coba oleh para pengguna ponsel pixel. “Ingatkah anda semua, bahwa tahun lalu kami ingin sekali menyematkan teknologi AR pada google maps? kali ini, pengguna pixel sudah bisa mencoba fitur ini pada ponsel mereka,” kata Sabrina Ellis di panggung acara, Selasa( 7/5/2019 ).

Jadi, dengan adanya mode AR ini para pengguna akan semakin jelas dalam mendapatkan informasi dan juga rute dari lokasi yang akan dituju bnegitupun dengan lokasi – lokasi di sekitarnya, ini dikarenakan mode navigasi yang sekarang bertampilan 3D berbasis AR( Augmented Reality ).

Fitur Mode Menyamar( Incognito ) 

Selain fitur navigasi 3D, Google juga menawarkan mode penyamaran(Incognito ) pada layanan google mapsnya. Dan dengan mode ini, semua data dan riwayat perjalanan para pengguna akan dihapus dan tidak akan disimpan oleh perangkat ponsel kamu tersebut, sehingga privasi kamu – kamu akan lebih terjaga nantinya.

Ceo Google, Sundari Pichai mengatakan bahwa Google saat ini mengedepankan privasi para pengguna sebagai pertimbangan utama dalam mengembangkan fitur maupun aplikasi. Dan menurut Sundar Pichai lagi, mode ini akan tersedia dan dapat digunakan lewat menu google account.

Dan ketika mode Incognito di aktifkan, semua perintah dan riwayat yang diinput atau diketik oleh para pengguna akan langsung dihapus dengan sendirinya. Ketika mode ini aktif, bilah navigasi pada google maps akan berubah warnanya menjadi kelabu.

Fitur ini kalau boleh jujur sejatinya sudah terlebih dulu hadir pada layanan penelusuran milik Google yaitu browser google chrome. Selain itu, layanan milik Google lainnya yang juga sudah mendapatkan fitur penyamaran( Incognito ) ini adalah layanan berbagi video mereka apalagi jika bukan youtube.

“Isu privasi memang tidak akan pernah berakhir. Bicara soal terkait google maps terkait ketersediaan fitur penyamaran ini,karena kami ingin agar riwayat para pengguna layanan navigasi kami ini, tidak disimpan dan privasi mereka tetap terjaga,” kata Sundar Pichai lagi menambahkan.

 

Sumber; kompas.tekno.com