Ini Dia List 10 Hacker Dan Kelompok Hacker Yang Sempat Mengguncang Dunia

Ini Dia List 10 Hacker Dan Kelompok Hacker Yang Sempat Mengguncang Dunia

Hacker suatu istilah untuk menyebut seseorang ataupun sekelompok orang , yang mempunyai kemampuan untuk mempelajari, menganalisis, memodifikasi, serta menerobos masuk ke dalam sistem keamanan komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan mereka atau sekedar di motivasi oleh suatu tantangan.

Sejarah Hacker muncul di awal tahun 1960 an, awalnya Hacker muncul dengan arti yang positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik daripada yang telah dirancang bersama.

Hingga pada tahun 1983, konotasi Hacker berubah menjadi negatif karena pada tahun tersebut FBI menangkap kelompok Cyber Crime bernama The 414s yang berbasis di Amerika Serikat, untuk pertama kalinya. Dari kejadian tersebut, banyak orang yang mengaku Hacker namun tidak bertanggung jawab sehingga para Hacker asli menyebut mereka sebagai Cracker.

Dan sampai sekarang pun seorang Hacker kriminal hitam atau Cracker, sering menjadi momok ketakutan bagi sebagian besar para pengguna gadget atau alat – alat berbasis digital. Karena mereka takut data – data yang bersifat privacy atau rahasia terkait diri mereka bocor, dan banyak disalahgunakan oleh para Hacker – Hacker penjahat tersebut.

Dan sebenarnya siapa saja sih, Hacker Black Hat atau Cracker dan juga kelompok Cracker yang paling disegani di dunia ini. Oke biar tak penasaran silakan disimak selengkapnya di bawah ini, tentang 5 Hacker dan 5 kelompok Hacker yang cukup ditakuti di dunia digital sepanjang masa ini.

Lets see, cekidot guys.

1. Adrian Lamo
sumber; wired

Adrian Lamo termasuk dalam kategori Hacker jenis Grey Hat yang artinya ia melakukan aktivitas peretasan sebagai tindakan yang merugikan orang lain ataupun demi keuntungan diri pribadi semata – mata hanya karena uang. Ia telah berhasil meretas banyak sistem keamanan perusahaan – perusahaan besar seperti Yahoo, Microsoft, The New York Times, dan lainnya. Hingga akhirnya aksinya ketahuan oleh pihak kepolisian Cyber Crime, dan ia harus menjalani masa tahanan selama enam bulan dengan denda $65000 atas segala aksinya tersebut.

Pada 2009 silam, Adrian Lamo kembali menjadi perbincangan para publik terutama para netizen, karena perannya di Wikileaks dalam membantu menyumbangkan materi yang bersifat sensitif ke situs web tersebut, ia kemudian memiliki peran di PBS Soldier PFC Bradley Manning namun, ia malah menyalah gunakannya untuk mengumpulkan data data rahasia dan menjualnya ke Wikileaks.

2. Albert Gonzales
sumber; toronto stars

Albert Gonzales adalah seorang Hacker komputer dan kriminal Amerika yang dituduh mendalangi gabungan pencurian kartu kredit dan menjual kembali dengan lebih dari 170 juta kartu ATM dan nomor rekening dari tahun 2005 sampai 2007 dan ini merupakan penipuan terbesar dalam sejarah perbankan dunia.

Ia juga pernah dituduh sebagai dalang utama dari sekelompok Hacker yang bernama Shadowcrew, yang memperjualbelikan lebih dari 1,5 juta kredit dan nomor ATM yang dicuri. Selain nomor kartu kredit yang menjadi targetnya, banyak juga hal – hal lainnya dari berbagai pencurian yang pernah ia lakukan, seperti identitas untuk lelang barang( Auction ), termasuk paspor palsu, SIM, kartu jaminan sosial, kartu debit, akte kelahiran, dan kartu asuransi kesehatan.

Bahkan salah satu anggotanya di kelompok Shadowcrew pernah menjual 18 juta akun e-mail dengan username terkait, password, tanggal lahir, dan informasi identifikasi pribadi lainnya yang harusnya bersifat private.

3. Gary McKinnon
sumber; channel4.com

Garry McKinnon ini adalah seorang pemuda yang amat memiliki tingkat penasaran dan ketertarikan yang sangat tinggi terhadap UFO. Karena rasa ingin tahunya yang cukup besar terhadap UFO, maka ia berpikir bahwa segala informasi terkait object terbang tak dikenal itu, bisa ia dapatkan dengan mudah jika ia bisa mengakses sistem keamanan informasi milik situs NASA.

Ia kemudian menyusup ke dalam 97 basis militer Amerika dan termasuk komputer NASA, menginstal virus, dan menghapus beberapa file – file penting di dalamnya. McKinnon akhirnya berhasil ditangkap dan dinyatakan bersalah, karena dirinya kedapatan meng-hack situs militer dan NASA dari rumah kekasihnya yang berada di London, Inggris.

Pada November 2002, McKinnon di dakwa bersalah oleh juri federal dan atas tindakan kriminal dunia mayanya tersebut, dapat membuatnya ditahan selama 70 tahun penjara di Amerika. Namun selama 3 tahun tepatnya sampa Juni 2005, McKinnon tetap tinggal di UK karena negara UK/Inggris ini tidak memperbolehkan Amerika untuk mengekstradisi warganya ke Amerika. Dan setelah berbagai banding untuk melakukan ekstradisi, permintaan ekstradisi pemerintah US akhirnya ditolak di tahun 2012 dengan alasan melanggar hak asasi manusia atas nama Garry McKinnon.

4. Jonathan James

Pada usia yang tergolong masih sangat muda yaitu 16 tahun, Jonathan James telah mencoba melakukan Hacking pada sistem sekolahnya di Florida, tak cukup sampai disitu Jonathan juga mencoba membobol sistem kemanan departemen pertahanan milik Amerika Serikat.

Bahkan ia mampu juga menjebol sistem pertahanan NASA, dan ia berhasil mencuri software NASA dan membuat pihak NASA sendiri terpaksa harus mematikan servernya selama tiga minggu berturut turut dengan kerugian yang mencapai 600 juta rupiah.

Jonathan James ini juga merupakan remaja pertama yang dihukum secara federal untuk jenis pidana komputer Hacking. Ia menjadi tahanan rumah selama enam bulan dalam masa percobaan hingga ia berusia 18 tahun. Dan puncaknya pada 2007 sebuah departement store bernama TJX mengaku jika sistem komputernya telah diretas dan Jonathan diyakini sebagai Hacker dibalik kejadian peretasan ini, meski sampai sekarang tak ada bukti yang menunjukan dialah pelakunya. Hingga pada akhirnya Jonathan James bunuh diri diyakini karena tekanan mental yang dihadapinya terkait tuduhan tersebut.

5. Jim Geovedi
sumber; Validnews

Hacker sakti mandraguna satu ini ternyata adalah seorang berkebangsaan Indonesia. Jim Geovedi ini bukan sekedar Hacker kelas kacangan yang sebatas meretas toko online ataupun situs negara biasa, tapi Hacker Indonesia satu ini mampu meretas satelit.

Peretasan satelit ini dilakukannya bukan atas dasar iseng saja , tapi ia ingin membuktikan omongannya pada saat menjadi pembicara atas isu keamanan satelit( BBC News – 2006 ). Dan bukan hanya meretas sistem keamanan code satelit itu saja, Jim bahkan bisa mengubah arah serta menggeser – geser satelit yang ia retas tersebut.

6. RedHack
sumber; Amazon.com

RedHack ini adalah kelompok Hacker komunis Turki yang bertanggung jawab atas Hacking banyaknya situs web pemerintah Turki, seperti contoh kecilnya situs Angkatan darat Turki, pasukan polisi Turki, organisasi Intelijen Nasional. Kelompok Hacking dengan jumlah anggota inti 12 orang ini adalah salah satu grup Hacker yang paling dicari di dunia.

Kelompok ini merupakan kelompok Hacker pertama di dunia yang dinyatakan oleh pemerintah setempat sebagai organisasi Teroris. Grup Hacker ini sudah aktif dari tahun 1997 dan cukup dikenal sebagai komunitas hacking berbahaya yang bisa menghapus file, data korup, merusak situs web, dan mengendalikan perangkat keras seperti kamera CCTV.

7. Lizard Squad
sumber; forbes

Komunitas Hacker ini dikenal karena serangan denial -of service( DDOS ) yang terdistribusi dengan layanan yang berkaitan dengan games. Pada 26 januari 2015 lalu, situs web Malaysia Airlines diserang oleh kelompok tersebut yang mengakibatkan para pengunjung situs web maskapai tersebut di arahkan ke halaman bergambar kadal berlabel Tuxedo, dan membaca Hacked by Cyber Khilafah.

Laporan media lokal mengklaim di seluruh dunia mengatakan versi pengambilalihan di beberapa wilayah termasuk kata – kata ISIS akan menang, yang bisa mengakibatkan kekhawatiran hubungan dengan negara – negara Islam.

Julius Kivimaki adalah anggota dari kelompok ini yang berasal dari Finlandia dan bertanggung jawab atas 50.000 tuduhan kejahatan Cyber.

8. Anonymous

Mungkin kamu – kamu yang sering mengikuti perkembangan dunia teknologi terutama sekali IT, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya kelompok Hacker Anonymous. Yap, mereka ini salah satu kelompok Hacker yang sangat ditakuti di dunia karena banyak menimbulkan kerugian dari situs – situs terkemuka.

Dan lebih Amazingnya lagi, pada tahun 2012, tercatat kelompok ini memiliki lebih dari 5.635 anggota. Kelompok peretas yang terkenal dengan topeng dari novel dan film V for Vendeta ini tercatat pernah menyerang beberapa situs ternama seperti situs FBI, DepHan Amerika, Visa, Universal Music Group, sampai Sony Playstation Network.

Tidak hanya itu saja bahkan kelompok tersebut juga pernah mengancam untuk meretas situs media sosial FaceBook hingga sindikat narkoba Meksiko yaitu Los Zetas.

9. LulzSec
sumber; BBC

LulzSec adalah kelompok Hacking yang dibentuk pada tahun 2011 dan terdiri dari enam anggota. Nama LulzSec sendiri diambil dari salah satu bahasa chatting yaitu LOL( laughing out loud ) atau tertawa terbahak bahak. Bahkan moto kelompok Hacker ini adalah menertawakan sistem keamanan anda.

Beberapa target serangan grup ini adalah situs – situs web dari perusahaan Fox.com, X-Factor, Sony, Nintendo, CIA dan FBI. Menurut laporan yang beredar kerugian yang disebabkan oleh kelompok tersebut mencapai miliaran dolar Amerika.

10. Milworm
sumber; hackforums.net

Kelompok Hacker ini pada tahun 1998 telah melakukan serangan terhadap sistem keamanan fasilitas nuklir utama milik India, yakni Bhabha Atomic Research Center. Kelompok Hacking ini tak cuma beroperasi di satu tempat saja, tapi mereka beroperasi juga di Inggris, Rusia, hingga Selandia Baru yang diketahui berhasil membobol firewall dari fasilitas nuklir India tersebut.

Mereka pun menuliskan pesan anti nuklir pada situs webnya. Sebulan setelah kejadian tersebut, mereka menyerang sebuah perusahaan hosting Easy Space.

dan dalam waktu hanya satu jam saja, pesan anti nuklir mereka muncul di 300 web lain termasuk milik FIFA World Cup, Ritz Hotel, dan situs kerajaan Arab Saudi.