Ini Dia 5 Event Akbar Pameran Teknologi Paling Bergengsi Di Dunia

Ini Dia 5 Event Akbar Pameran Teknologi Paling Bergengsi Di Dunia

Event yang berkaitan dengan pameran teknologi selalu menarik minat kaum urban ataupun para Geeks yang memang selalu ingin up-todate dan tak mau ketinggalan akan perkembangan teknologi di era modern yang serba cepat ini.

Dengan diadakannya event  – event seperti itu, para maniak teknogers bisa mencicipi berbagai macam produk – produk terbaru dari berbagai produsen teknologi yang cukup dikenal oleh mereka.

Siapa yang tak bahagia sih, bisa mencicipi atau menjajal berbagai macam gadget atau peripheral yang belum rilis di pasaran dan menjadi orang pertama yang mencobanya di bandingkan orang – orang lain di luar sana. Dan selain di jadikan tempat untuk mencoba berbagai macam peripheral ataupun gadget yang biasanya masih dalam bentuk prototype, ajang pameran teknologi ini biasanya bisa dijadikan sebagai ladang ataupun sumber ilmu bagi para pengunjungnya yang kebanyakan bergelut juga dibidang tersebut.

Karena biasanya ajang pameran seperti ini juga, diselingi dengan acara – acara yang bersifat seperti seminar ataupun conference akbar yang memungkinkan para pelaku teknologi tersebut bisa saling sharing ilmu dan juga pendapat mereka dengan para pegiat teknologi pemula yang ingin merintis dari awal seperti mereka –  mereka yang sudah sangat sukses di bidang tersebut.

Dan dari sekian banyak, event – event pameran teknologi yang ada di seluruh dunia, penulis sudah merangkumnya dalam artikel list berikut ini untuk menginformasikan mana yang cukup terbaik dan sangat wajib kalian datangi jika kamu – kamu mengaku seorang maniak tekno gears.

Oke, lets see the list below

1. Mobile World Congress
sumber; kapersky lab

Event ini dilaksanakan pertama kali pada tahun1987, di kota Barcelona, Spanyol dan pada awal di adakannya dulu event ini masih bernama GSMA MWC yang sesuai namanya banyak memamerkan alat – alat seluler berbasis GSM. Setelah tahun 2006 yang diadakan di kota Cannes, Prancis, event tersebut berganti nama menjadi 3GSM World setelah 19 tahun, karena menyesuaikan dengan kondisi pada masa tersebut juga dengan sedikit berkembangnya perangkat seluler ke jaringan 3GS yang lebih kuat dan cukup cepat.

Barulah pada tahun 2014an bertempat di kota Shanghai, China, GSMA mengubah citra acara ini dengan merubah nama event ini menjadi Mobile World Congress( MWC ). Pada 2016, GSMA selaku penyelenggara utama event ini juga mengumumkan akan mengadakan event MWC ini untuk kalangan publik di Amerika Utara dengan menggandeng organisasi CTIA yang dilaksanakan pertama kali pada  tahun 2017.

Dan MWC yang diselenggarakan di Barcelona Spanyol yang sekaligus menjadi ajang tempat pertama kali event ini diselenggarakan, mungkin adalah yang terbesar karena event ini selalu di hadiri oleh hampir 100.000 orang lebih dari seluruh penjuru dunia dan biasanya untuk event MWC yang  selalu bertempat di venue Fira De Barcelona ini selalu diadakan pada bulan Februari antara tanggal 24 sampai 27 Februari.

2. Google I/O
sumber; Geo Marketing

Event akbar tahunan dari perusahaan teknologi terkemuka yaitu Google ini, pertama kali diadakan pada tahun 2008 silam dan bertempat pertama kali di venue Moscone Center, California, Amerika Serikat dari tahun dimulainya acara ini yaitu 2008 – 2015.

Dan barulah pada tahun 2016 sampai sekarang lokasinya dipindahkan di venue Soreline Amphitteathre, yang bertempat di Mountain View, California, Amerika Serikat yang sekaligus juga menjadi basis markas dari perusahaan search engine terbesar ini.

Mungkin diantara kamu ada yang bertanya, apa sih kepanjangan dari Google I/O tersebut? I/O pada nama event ini kepanjangan dari Input dan Output dan juga Inovation in the Open.

Diadakannya event ini, karena pihak Google melihat banyaknya para pengguna teknologi berbasis digital, terutama gadget seperti smartphone yang menggunakan layanan mereka. Jadi dengan diadakannya event Google I/O ini para pengunjung terutama yang memakai produk atau layanan dari Google bisa melihat dari dekat dan jelas, produk – produk inovatif apa yang sedang dikembangkan sama pihak Google tersebut.

Dan juga ajang ini dijadikan tempat saling share ilmu dan kumpul – kumpul para mahasiswa/i yang menggeluti bidang ini untuk saling bertukar ide dengan para mahasiswa/i dari seluruh dunia ataupun para penggiat startup di bidang teknologi berbasis digital, untuk bisa menciptakan inovasi terbaru di bidang teknologi yang diinspirasi dari teknologi terbaru dari Google.

3. CES
sumber; TRINUS

CES( Consumer Electronic Show ) adalah event pameran teknologi yang berkutat di perangkat berbasis elektronik dan digital, tapi seiring dengan berkembangnya event ini tiap tahunnya, tak hanya elektronik saja yang sekarang dipamerkan di pameran tersebut, tapi juga teknologi terkait dengan bidang Otomotif, juga ikut dipamerkan.

Event ini pertama kali diadakan pada tahun 1967, dan bertempat dikota New York dan bisa dibilang CES ini merupakan event teknologi tertua yang pernah diselenggarakan. Event ini selalu menarik minat sekitar 4.400 perusahaan berbasis teknologi yang selalu ingin memamerkan produk ataupun prototype ciptaan mereka pada event teknologi terbesar tersebut.

Dan event ini selalu menghadirkan 250 sesi konfrensi yang dihadiri oleh lebih dari 182 000 peserta dari 160 negara di dunia. Banyak produk – produk yang sekarang menjadi trend setter di pasaran, yang memulai debutnya di acara pameran yang sekarang lebih banyak di selenggarakan di Las Vegas, Nevada ini. Seperti contoh kecilnya adalah, OLED Tv, Microsoft Avatar Kinect, sampai dengan 3D Printer.

4. Computex
sumber; TechRadar

Event berbasis pameran teknologi gadget terutama sekali yang berhubungan dengan teknologi komputer ini, mungkin sedikit berbeda dari event – event pameran yang sebelumnya sudah penulis bahas. Yap betul, event pameran teknologi ini berpusat di Taipei, Taiwan. Dan event ini juga sekaligus menjadi ajang pameran komputer terbesar di Asia, karena setiap tahunnya event yang pertama kali di adakan pada tahun 1981 ini selalu di hadiri oleh 1.500an lebih exhibitor yang menempati 4.400 stand dan selalu di hadiri oleh 35.000 sampai 40.000 pengunjung setiap tahunnya.

Uniknya event pameran komputer ini selalu di selenggarakan pada dua venue yang berbeda yaitu, Taipei Trade World Centre dan Taipei Trade World Centre Nangang Exhibitin dan di laksanakan pada tanggal yang bersamaan yaitu pada tanggal 28 mei sampai 1 juni.

Banyak vendor – vendor PC terkemuka yang selalu menjadi bagian dari event ini, untuk selalu memamerkan teknologi – teknologi ataupun inovasi terbaru ciptaan  mereka yaitu sebut saja, Intel, Nvidia, sampai Razer Technology.

5. E3
sumber; RS-News

Electronic Entertainment Expo alias E3, adalah pameran yang berfokus pada hiburan elektronik atau digital yang bisa di artikan secara singkatnya ini adalah pameran yang khusus memamerkan segala macam pernak pernik yang berbau Video Games, entah dari perangkatnya, peripheral pendukung rilisan perusahaan pihak ke- 3 dan juga software gamesnya itu sendiri.

Event ini pertama kali di adakan pada tahun 1995, yang di selenggarakan oleh ESA, dan selalu bertempat di Los Angeles Convention Centre sampai sekarang dan event ini selalu di  adakan pada tanggal 11- 13 juni.

Setiap tahunnya salah satu event akbar pameran Video Games terbesar di negeri paman Sam ini, selalu dihadiri oleh 60.000 – 70.000 pengunjung dari seluruh dunia selama 3 hari perhelatannya. Dan event E3 ini memang selalu menjadi barometer bagi event – event pameran games di seluruh dunia dalam membuat konsep pameran games yang cukup interaktif dan pastinya menghibur bagi semua orang.

Oke, itu dia sekelumit tentang pameran – pameran teknologi, terutama sekali yang berfokus ke teknologi digital yang ada di dunia. Dan kalau kalian berkesempatan sedang berada di negara – negara yang menjadi lokasi dari event – event tersebut, maka tak ada salahnya kamu – kamu, berkunjung sebentar di event – event pameran tersebut, selain bisa menjajal produk – produk terbaru yang dipamerkan, biasanya setiap standnya sering ngasih – ngasih merchandise gratis lohh Geeks.