Ini Dia 5 Berita Terkait Kecerdasan Buatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Ini Dia 5 Berita Terkait Kecerdasan Buatan Yang Perlu Kamu Ketahui

Artificial Inteligence( A.I )  adalah suatu kepintaran buatan yang diciptakan oleh manusia, dengan sekumpulan code program ataupun algoritma yang cukup rumit, yang dimaksudkan agar sistem komputerisasi tersebut bisa mengenali perintah atau malah melakukan reaksi yang dilakukannya secara sendiri layaknya seperti pikiran manusia.

Dan di jaman era modern seperti sekarang ini, keberadaan A.I bukan menjadi suatu hal yang cukup aneh lagi. Karena hampir basis teknologi di jaman sekarang ini yang hampir sebagian besar sudah berbasis digital, pastilah menggunakan sistem A.I. walaupun hanya sebatas untuk perintah menekan tombol saja, seperti yang umum kita dapati ketika melakukan aktivitas di smartphone.

Atau yang paling jelas terlihat ketika kita tengah bermain games, yang seperti kita tahu karakter musuh atau NPC biasanya dikontrol oleh A.I( kepintaran buatan ) yang memungkinkan mereka/karakter musuh tersebut bisa memberikan reaksi perlawanan dari tokoh utama yang kita sedang gerakkan, dan yang paling muktahir jelas penggunaan A.I. tersebut pada mesin robot atau android, agar sang robot tersebut bisa melakukan dan merespon perintah dari manusia.

Dan dalam bahasan artikel kali ini, penulis akan menjabarkan berita – berita unik dan menarik terkait dengan kepintaran buatan ini, yang penulis kutip dari berbagai sumber terpercaya.

Apa sajakah kejadian – kejadian yang cukup unik tersebut yang mampu memperlihatkan kecanggihan akan A. I – A.I tersebut. Oke lets see check this bellow guys.

1. Ketika A.I Mengalahkan Juara Dunia DOTA 2
sumber; kincir

Sebuah perusahaan start up yang berada di bawah naungan perusahaan teknologi milik Elon Musk, yaitu OpenAI, menciptakan sistem kepintaran buatan yang sangat membuktikan tajinya sebagai kepintaran buatan yang cukup mumpuni terutama dalam suatu pertandingan games digital yang berlangsung pada bulan April lalu.

Bagaimana tidak A.I tersebut berhasil mengalahkan tim OG Gaming yang jelas – jelas adalah tim yang menjuarai kejuaraan DOTA 2 tingkat global yaitu The International dengan hadiah mencapai 25 juta dolar.

Dan dalam pertandingan yang bertajuk OpenAI Five Final yang dilangsungkan di San Fransisco, Amerika Serikat. Tim OG Gaming harus mengakui kekalahan dari bot OpenAI, yang dilatih dengan menggunakan teknik deep reinforcement learning, yang artinya sistem A.I tersebut di buat bukan untuk bermain games tersebut, tapi mereka beradaptasi dengan cara belajar dari latihan yang cukup sering sehingga mereka mampu dalam melawan manusia sesungguhnya dalam suatu pertandingan.

Dan hebatnya sang AI bisa mengalahkan tim juara dunia beranggotakan lima orang tersebut dengan waktu tidak sampai 30 menit saja.

2. A.I Yang Bisa Menulis Buku
sumber; inet detik

Sebuah buku yang ditulis dan dikarang oleh A.I? memang ada yang seperti itu? jawabannya adalah ada. Beberapa ilmuwan  dari Universitas Goethe Jerman menciptakan sebuah algoritma A.I. yang disebut sebagai Beta Writter yang mempunyai keahlian dalam menulis buku ilmiah yang berjudul”Lithium Ion Batteries; A Machine Generated Summary Of Current Reasearch”dan memiliki ketebalan mencapai 247 halaman, dan A.I.tersebut menulis buku tersebut berdasarkan algoritma machine learning yang dimilikinya.

Beta Writter ini menulis buku dengan memanfaatkan segudang data artikel, mengenai  baterei lithium ion springer yang pernah diterbitkan, untuk kemudian ditelaah, mengambil, dan menyusun informasi yang paling relevan menjadi sebuah buku.

3. A.I.nya Google Dapat Nilai Jelek Ketika Mengerjakan Ulangan Matematika

DeepMind yang merupakan perusahaan A.I. yang berdiri pada tahun 2010 dan kemudian di akusisi oleh Google 4 tahun kemudian, dan sekarang perusahaan tersebut bernaung di bawah induk perusahaan Google yaitu Alphabet.

Lewat perusahaan DeepMind ini, pihak Google mempunyai A.I yang kualitasnya sudah bisa dibilang cukup canggih.

Tapi ada kejadian cukup unik terkait A.I. tersebut yang seperti diberitakan oleh android pit.com bahwa A.I.tersebut mendapatkan nilai yang buruk ketika mengerjakan soal Matematika tingkat SMU. Disebutkan bahwa A.I tersebut hanya mendapatkan nilai 14 dari target 40 yang ingin diraih, padahal sebelumnya A.I. ini juga sudah belajar dulu sebelumnya

“Berbeda denagn yang dipikirkan orang -orang, matematika itu tidak semata – mata bukan pekerjaan komputasi karena turut melibatkan langkah kognitif untuk melakukan langkah logis, prioritas dan lain lain. Sebuah mesin itu memiliki cara pemahaman yang berbeda, tulis android pit.com beragumen.

4. A.I. Dari DeepMinds Bisa Jadi Dokter Mata
sumber; I netdetik

DeepMind, perusahaan A.I. yang sekarang berada di bawah naungan induk perusahaan Google yaitu Alphabet, telah mengembangkan sebuah kecerdasan buatan yang dapat mendeteksi lebih dari 50 penyakit mata hanya dengan melihat ke pemindai retina 3D.

DeepMind mengatakan jika A.I.mereka dalam mendeteksi penyakit sama akuratnya dengan keahlian analisis seorang dokter ahli, seperti dalam mendeteksi penyakit mata diabetes dan degradasi makula.

A.I.DeepMind bahkan bisa memberikan rekomendasi tindakan terbaik bagi para pasien dan menyarankan apabila mereka butuh perawatan segera.

5. Dunia Kerja Sebagian Besar Akan Dikuasai Oleh Kecerdasan Buatan

Stasiun TV asal China pada tahun 2018 lalu sempat membuat heboh dengan menampilkan sesosok Android yang di kontrol oleh A.I. dalam membawakan suatu acara berita nasional, dan pembawaan sang robot yang dikontrol oleh A.I tersebut pun cukup terlihat profesional selayaknya pembawa acara berita senior.

Fenomena kecerdasan buatan atau A.I. kedepannya bahkan akan lebih banyak lagi dalam memasuki dunia industri kerja yang bisa berdampingan dengan manusia itu sendiri.

Hal ini didasari oleh data dari IDC suatu badan firma analisis nasional,  mengungkapkan bahwa 51% perusahaaan di Indonesia mengatakan jika kecerdasan buatan akan menjadi teknologi paling krusial di organisasi perusahaan mereka 2-3 tahun mendatang.

Bahkan kalau kita telisik sedikit, tanda tandanya sudah cukup jelas terlihat seperti perusahaan E-commerce yang banyak menggunakan chatbot dalam melayani pelanggannya.Bahkan perusahaan sekelas Lenovo, sudah menerapkan sistem kecerdasan buatan di dalam perusahaannya baik secara internal dan eksternal, seperti misalnya di toko online kepunyaan mereka.

 

Itulah sekelumit pembahasan terkait berita-berita seputar dunia A.I. yang dirangkum oleh penulis dari berbagai sumber. Dan sekarang giliran kalian para manusia, akankah kalian siap dengan gempuran kecerdasan buatan yang bahkan sebagian diantaranya lebih cerdas daripada manusia itu sendiri.