7 Fitur Maps Ini akan Mempermudah Perjalananmu

Tetap fokus dengan rute yang dilalui

Siapa sih yang tidak mengenal Google Maps? Rasanya setiap orang pasti pernah memanfaatkan Google Maps setidaknya satu kali. Jika hanya melihat namanya saja, aplikasi ini sepertinya hanya memberikan bantuan kepada kita untuk menemukan rute menuju tempat tujuan, dalam arti lain adalah sebagai peta digital.

Tapi tahu tidak sebenarnya Google Maps punya banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan loh. Fitur-fitur ini bisa sangat membantu ketika kamu melakukan perjalanan baik itu dekat maupun jauh. Banyak fitur yang di Google Maps yang bisa kamu explore dan manfaatkan secara maksimal.

 

Ada fitur apa aja sih yang bisa kita manfaatkan? Yuk simak lebih lanjut.

 

1. Adanya fitur offline

Jika menurut perkiraan tujuan yang kamu cari berada di daerah terpencil, alangkah baiknya untuk kamu mengunduh mapsnya agar dapat diakses secara offline. Saat akan mengunduh, kamu dapat menentukan sebesar apa cakupan maps yang ingin kamu unduh. Jika memungkinkan, unduh area yang cukup luas, agar saat nantinya maps mencari rute, kamu dapat memiliki pilihan rute yang lebih banyak.

Adanya pilihan rute yang lebih banyak tentu saja akan sangat memudahkan nantinya. Jika ada kendala di titik tertentu, kamu dapat segera melakukan perubahan rute tanpa harus menggunakan internet, karena cakupan area yang kamu unduh cukup luas.

 

2. Pilihan kendaraan yang beragam

Sebelum mulai menentukan rute, pastikan kamu telah memilih kendaraan apa yang akan kamu gunakan. Ini sangat penting dalam menentukan rute, contohnya antara mobil dan motor. Jika menggunakan mobil, maps dapat mengarahkan rute melalui tol, sementara jika menggunakan motor tidak akan ada opsi rute dengan jalan tol.

Selain itu, kini Google Maps pun telah dilengkapi pilihan kendaraan lainnya seperti transportasi umum, hingga ojek online. Bahkan mampu memberikan estimasi biaya yang akan kita keluarkan jika menggunakan transportasi umum maupun ojek online.

 

3. Informasi mengenai lalu lintas yang cukup lengkap

Saat menentukan rute, Google Maps juga memberikan informasi area mana saja yang sedang macet, sedikit macet, dan lancar. Macet ditandai dengan warna merah, sedikit macet ditandai dengan warna orange, dan lancar ditandai dengan warna hijau. Tidak hanya itu, informasi mengenai gangguan selama diperjalanan pun dapat ditampilkan, seperti jika sedang ada perbaikan jalan, kecelakaan, dan sebagainya.

Dengan adanya informasi-informasi ini, tentu sangat membantu kita dalam menentukan rute selanjutnya, apakah akan tetap melalui jalanan yang macet tersebut, atau ingin mengganti rute lain yang lebih lancar. Biasanya Google Maps akan merekomendasikan perubahan rute jika pada rute awal terjadi kemacetan atau kendala lainnya. Tetapi hanya berupa rekomendasi, keputusan tetap ada kita apakah akan mengikuti rekomendasi tersebut atau tetap dengan rute awal.

 

Keren Ini Dia Dua Fitur Dari Update Google Maps Update Terbaru

 

4. Mengatur maps dengan beberapa pemberhentian

Jika sedang dalam perjalanan menuju suatu tempat, terkadang kita butuh untuk berhenti di tempat tertentu. Entah itu untuk membeli makan, menjemput teman, isi bensin, atau kebutuhan lainnya. Dalam kondisi seperti itu kamu bisa loh mengatur beberapa pemberhentian diantara perjalananmu menuju tujuan. Tidak perlu mengganti tujuanmu, cukup tambahkan pemberhentian, dan maps akan mengarahkan kamu ke pemberhentian tersebuh lebih dahulu, setelah itu maps akan melanjutkan kembali rute menuju tujuanmu.

 

5. Mudah menemukan lokasi penting seperti SPBU dan Restoran

Jika kamu sedang berada ditengah perjalanan kemudian tiba-tiba butuh untuk berhenti di tempat tertentu, tetapi kamu tidak tahu harus ke arah mana, kamu bisa memanfaatkan Google Maps. Contohnya ingin mencari SPBU terdekat, kamu bisa menambahkan pemberhentian dan menuliskan SPBU. Maps secara otomatis menampilkan beberapa SPBU terdekat dari titik kamu berada.

 

6. Mampu melihat keramaian lokasi

Kamu bisa loh melihat estimasi kapan lokasi tersebut ramai atau sepi. Lebih tepatnya untuk lokasi-lokasi yang memiliki jam buka dan tutup. Fitur ini dapat mempermudah kamu dalam menentukan kapan sebaiknya kamu datang ke lokasi tersebut.

 

7. Membagikan live location

Jika kamu khawatir tersesat atau sebagainya, kamu bisa membagikan live location kamu kepada keluarga, saudara, teman, dan lainnya. Mereka akan mampu ikut memantau pergerakan kamu melalui live location tesebut. Sehingga jika kamu salah arah, atau kurang sesuai, meskipun mereka tidak ada disekitarmu, mereka akan tetap bisa membantu kamu agar tidak tersesat. Fitur ini juga sangat bermanfaat jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, mereka dapat langsung tahu dimana lokasi terbaru kamu.

 

Baca Juga: