Alasan Orang PHP ( Pemberi Harapan Palsu )

Disengaja

PHP bukan lagi istilah yang aneh bagi kalangan anak muda jaman sekarang. Istilah yang satu ini seperti telah menjadi sebuah istilah penting terutama pada kisah cinta anak muda. PHP adalah singkatan dari Pemberi Harapan Palsu, dimana seseorang memberikan sebuah harapan pada lawan jenisnya. Sebuah harapan yang seakan-akan menjanjikan, namun nyatanya hanyalah sebuah harapan palsu yang dapat berakhir pada patah hati.

Korban dari PHP pun tidak hanya cewek, tetapi cowok pun dapat mengalaminya.

Alasan pelaku PHP pun ada 3 macam, yaitu :

1. Tidak Tahu Apa-Apa

Tidak Tahu Apa-Apa

Ini biasanya terjadi pada mereka yang memang kurang peka dengan kondisi sekitar, atau juga kurang mengerti dengan situasi di sekitar mereka.

Sehingga ada masa ketika mereka selalu bersikap baik pada orang lain, hingga kebaikan itu mencapai level dimana mereka seolah memberikan perhatian lebih, tidak jarang terjadi jika pada akhirnya orang lain akan terbawa perasaan atas sikap baiknya.

Hal ini bisa terjadi pada mereka yang masih polos, belum memahami tentang cinta, tentang perasaan. Sehingga membuat mereka kurang mampu memahami ciri-ciri lawan jenisnya ketika mulai menunjukkan tanda-tanda jatuh cinta.

Jika hal ini terjadi pada kamu, jangan langsung menyalahkan pelaku PHP tersebut ya. Karena dia sendiri pun belum memahami apa yang dia lakukan. Maafkan saja dia dengan lapang dada, kemudian kamu dapat mulai menata kembali hatimu dengan pindah ke lain hati.

 

2. Tidak Sengaja

Tidak Sengaja

Tidak sengaja disini sedikit berbeda dengan tidak tahu apa-apa. Perbedaannya terletak pada pengetahuan pelaku tentang jatuh cinta. Jika tidak tahu apa-apa itu karena mereka sebagian besar kurang mampu memahami tentang perasaan ketika jatuh cinta, tindakan pelaku yang tidak sengaja disini mereka memahami tentang perasaan jatuh cinta. Tetapi, yang kurang mereka pahami adalah tindakan mereka.

Biasanya mereka mulai merasa curiga ketika lawan jenis mereka mulai menunjukkan perubahan sikap, tetapi mereka tidak tahu harus berbuat apa. Ingin menjauh tapi tidak mau merusak hubungan pertemanan, ingin melanjutkan tapi takut terlalu jauh. Hingga sampai pada titik dimana mereka tidak mampu menentukan pilihan, dan berakhir pada pilihan kedua.

Lawan jenis mereka pun pada akhirnya berpikir jika mereka memiliki harapan, karena tidak adanya perubahan sikap. Padahal nyatanya mereka melakukan itu semua murni karena ketidakmampuan dalam menentukan pilihan atau jalan mana yang akan mereka lalui.

 

3. Disengaja

Disengaja

Pelaku yang dengan sengaja memberikan harapan palsu ini biasanya memiliki alasan pribadi, seperti ingin balas dendam atau alasan lainnya. Mereka akan bersikap baik, perhatian pada korban kemudian ketika dirasa lawan jenisnya telah mulai menunjukkan tanda-tanda jatuh cinta, saat itulah mereka mulai menjauh. Membiarkan korban jatuh pada perasaan patah hati.

Sikap seperti ini jangan ditiru ya, karena sungguh memainkan perasaan orang lain itu bukan tindakan yang bagus. Karena hal paling buruk yang dapat terjadi pada orang patah hati adalah ketika perasaan sakit itu mampu membuat psikisnya terganggu.

 

Baca Juga:

 

Jika pada akhirnya kamu terlanjur menjadi korban PHP, mari berusaha untuk memaafkan. Menyakitkan memang, tapi menyimpan dendam justru lebih menyakitkan. Mengobati hati yang terluka memang tidak mudah, tapi itu jauh lebih baik daripada membenci orang lain. Semangat!