8 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

8 Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sering merasa gugup dan tidak percaya diri ketika berbicara didepan orang banyak? Atau bahkan sering merasa kesulitan untuk memulai percakapan dengan orang lain?

Tenang, kamu tidak sendiri. Karena hampir sebagian besar orang mengalami fase ini.

Percaya diri adalah sebuah kondisi dimana kamu mampu mempercayai kemampuan yang kamu miliki dalam melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Kondisi ini tentu akan bermanfaat jika digunakan untuk bernegosiasi atau berdiskusi mengenai suatu hal. Juga ketika kamu harus menjelaskan sesuatu didepan banyak orang.

Tidak perlu khawatir jika kamu masih belum mampu berada dalam kondisi tersebut, jangan berkecil hati. Karena semua butuh proses, bahkan latihan terus-menerus.

 

Disamping itu ada beberapa tips nih yang bisa banget dipraktikkan untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu.

 

1. Jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain

Ketika melihat orang lain dengan mudahnya berbicara santai saat bersama lawan bicaranya, atau ketika berbicara didepan banyak orang, bisa jadi muncul rasa cemburu dalam diri kamu. Hingga membuatmu berpikir seperti, “kenapa aku tidak bisa seperti mereka?”. Yang berakhir kamu pun mulai membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain.

Jangan pernah berpikiran seperti itu. Boleh merasa kagum ketika melihat orang lain dengan kepercayaan diri yang bagus, tetapi jangan pernah menyudutkan dirimu sendiri dengan bertanya atau bahkan menganggap jika kamu tidak bisa seperti mereka.

Karena dengan menyudutkan diri sendiri yang ada justru kamu hanya semakin mengurangi tingkat kepercayaan diri kamu.

 

2. Memahami apa yang akan dibicarakan

Sebelum mulai berbicara, dalam situasi apapun, usahakan untuk memahami dulu apa yang akan kamu bicarakan. Selain mampu menghindari kesalahan informasi, hal ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu saat berbicara.

Karena dengan memahami apa yang akan kamu bicarakan mampu membuatmu lebih mudah menjelaskan hal tersebut.

 

3. Hilangkan semua pikiran buruk

Musuh paling utama dari rasa percaya diri adalah pikiran buruk. Jika kamu terus berpikir negatif tentang apa yang harus kamu lakukan, kamu akan sulit untuk melangkah maju.  Pikiran sia-sia seperti ini harus kamu lawan dengan pikiran positif. Berpikiran buruk hanya akan mematikan keyakinan dan kemampuanmu, padahal sebenernya kamu mampu berbuat jauh lebih baik.

 

Tidak menganggap sosial media sebagai buku harian

 

4. Memanfaatkan kelebihan dan kekurangan kamu

Setiap orang pasti memiliki yang namanya kelebihan dan kekurangan, termasuk kamu. Yang perlu kamu lakukan adalah memanfaatkan keduanya untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Bagaimana caranya?

Gunakan kelebihanmu sebagai sesuatu yang perlu untuk selalu kamu tunjukkan agar orang dapat memberikan nilai lebih pada diri kamu. Hal ini tentu mampu meningkatkan kepercayaan diri kamu.

Kemudian gunakan kekurangan kamu sebagai bahan untuk menemukan hal baru yang dapat kamu lakukan demi menutupi kekurangan tersebut. Dengan begitu kamu tak perlu merasa khawatir akan kekurangan yang kamu miliki, karena kamu telah memiliki cara untuk menutupi kekurangan tersebut dan mengubahnya menjadi hal positif.

 

5. Jadikan kritik sebagai nasehat untuk lebih baik

Tidak perlu merasa malu atau berkecil hati ketika orang lain memberikan kritik. Karena justru dari kritikan tersebutlah kamu dapat mengetahui apa yang perlu kamu perbaiki dikemudian hari.

 

6. Jangan berharap pada kesempurnaan

Tak ada sesuatu yang sempurna. Bahkan sebuah kesempurnaan sekalipun pasti memiliki kekurangan meski hanya sebesar biji jagung. Jangan biarkan kekhawatiran menghantuimu hanya karena takut apa yang kamu lakukan tidaklah sempurna. Abaikan kekhawatiran itu, dan lakukan sesuai apa yang telah kamu rencanakan. Jangan biarkan rasa khawatir tersebut berubah menjadi rasa takut yang pada akhirnya mampu mengurangi sebagian besar kepercayaan diri kamu.

 

7. Persiapkan diri sebaik mungkin ketika memulai sesuatu

Persiapan diri adalah hal mutlak yang harus kamu lakukan. Sebuah rencana takkan berhasil tanpa sebuah persiapan. Setidaknya dengan melakukan persiapan ini kamu akan lebih paham langkah apa saja yang akan kamu lakukan nantinya. Sehingga kamu pun akan lebih percaya diri ketika melakukan sesuatu, sebab telah mengerti apa saja yang perlu kamu lakukan.

 

8. Kembangkan pengetahuanmu

Seberapa luas pengetahuan yang kamu miliki tentu akan berpengaruh dengan tingkat kepercayaan diri. Karena semakin luas pengetahuanmu, semakin besar pula kesiapan kamu ketika berbicara dengan orang lain. Hal ini mampu mengurangi rasa khawatir kamu ketika takut salah bicara atau tidak tahu harus menjawab apa.

 

Baca Juga:

 

Semoga tips-tips nya bermanfaat ya, guys.