6 Kelebihan Mengadopsi Binatang dari Jalanan

6 Kelebihan Mengadopsi Binatang dari Jalanan

Memelihara binatang sepertinya sudah menjadi salah satu gaya hidup orang masa kini. Apalagi saat masa pandemi Covid-19, tercatat adanya peningkatan jumlah orang yang mengadopsi hewan peliharaan.

Jenis yang diadopsi pun cukup beragam, mulai dari yang paling umum dipelihara seperti kucing atau anjing, hingga yang paling unik seperti kura-kura, reptil, atau jenis hewan lainnya. Tidak perlu bingung harus mencari dimana, kamu bisa mengadopsi hewan-hewan tersebut dari pet shop terdekat di rumah kamu. Bahkan jika beruntung, kamu dapat menemukan jenis yang cukup unik dan langka. Tapi tentu saja kamu harus merogoh kocek yang cukup besar jika ingin mengadopsinya.

Tapi tahu tidak mengadopsi binatang tidak hanya melalui pet shop loh! Kamu juga bisa mengadopsi binatang yang berasal dari jalanan. Tidak harus secara langsung mengambil mereka saat bertemu di jalanan, kamu bisa mendatangi beberapa tempat penampungan dan mengadopsi mereka dari sana.

 

Apa bagusnya mengadopsi binatang dari jalanan? Eits, jangan salah! Banyak loh kelebihan yang bisa kamu dapatkan saat mengadopsi binatang dari jalanan.

 

1. Membantu binatang yang butuh pertolongan

Meskipun memelihara binatang seakan sudah menjadi gaya hidup, sayangnya hal ini tidak berlaku bagi sebagian orang. Karena belakangan tak jarang pula kita mendengar berita tentang hewan yang ditelantarkan oleh pemiliknya, atau bahkan binatang liar yang disiksa oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Itulah sebabnya jika kamu mengadopsi binatang tersebut, sama artinya kamu pun telah menyelamatkan hidup bahkan nyawa mereka.

 

2. Mengurangi jumlah binatang yang hidup di jalanan

Sudah menjadi hal yang biasa ketika kita berjalan kaki, selalu ada setidaknya satu binatang yang berlalu-lalang. Mungkin ada sebagian dari binatang tersebut yang sebenarnya telah diadopsi dan memang hanya sedang berjalan santai, tapi tak sedikit pula binatang di jalanan yang memang tidak memiliki tempat tinggal.

Binatang yang berkeliaran ini terkadang dapat menjadi pemicu orang-orang tak bertanggung jawab, yang mungkin merasa terganggu hingga akhirnya menyiksa binatang tersebut. Beruntung kini mulai bermunculan orang-orang baik yang membuka penampungan untuk binatang-binatang tersebut. Namun sayangnya tidak semua penampungan memiliki biaya yang cukup untuk merawat banyaknya binatang-binatang di jalanan. Sehingga ketika kamu mengadopsi dari salah satu tempat penampungan binatang, secara tidak langsung kamu pun telah membantu mengurangi binatang di jalanan dengan memberikan tempat kosong di penampungan tersebut untuk binatang jalanan lainnya.

 

Mengurangi jumlah binatang yang hidup di jalanan

 

3. Kebanyakan binatang liar lebih pintar

Binatang yang terbiasa hidup di di dunia luar sendirian, tanpa adanya pemilik yang membantunya, biasanya lebih sensitif dan pintar dalam bertahan hidup. Kamu tidak perlu terlalu pusing menjaganya. Mereka juga cenderung lebih mengerti apa yang kamu katakan.

 

4. Ada kepuasan tersendiri jika berhasil menjinakkannya

Terlihat sepele, tapi nyatanya menjinakkan binatang yang menghabiskan hari-harinya di jalanan membutuhkan strategi. Terlebih lagi jika binatang yang ingin kamu jinakkan memiliki trauma atau pengalaman buruk terhadap manusia, tentu saja akan lebih sulit.

Dekati mereka secara perlahan dan buat mereka merasa nyaman berada didekatmu. Jika kamu berhasil, mereka yang awalnya mungkin takut saat melihatmu akan berubah menjadi tatapan seperti bersama sahabat atau keluarga. Bisa jadi juga mereka menjadi ingin selalu berada disekitarmu.

 

Ada kepuasan tersendiri jika berhasil menjinakkannya

 

5. Cenderung tidak mudah jatuh sakit

Mereka yang pernah hidup didunia luar tentu pernah merasakan bagaimana susahnya bertahan hidup. Inilah salah satu yang membuat daya tahan tubuh mereka cenderung lebih kuat, sehingga tidak mudah sakit. Bahkan ketika sedang terjadi perubahan cuaca ekstrim sekalipun, bisa jadi mereka tidak akan dengan mudahnya jatuh sakit. Karena telah terbiasa dengan pergantian cuaca didunia luar, yang bahkan tanpa perlidungan dari siapapun.

 

6. Biayanya lebih murah

Umumnya mengadopsi binatang dari jalanan tidak memerlukan uang, kalau pun perlu jumlah yang dikeluarkan pun terbilang murah. Selain itu dari segi makanan dan kebutuhan lainnya, tidak perlu yang kompleks. Selama makanan dan kebutuhan itu sesuai serta bermanfaat bagi mereka, itu sudah cukup. Sehingga dari segi biaya rutin yang harus dikeluarkan pun tentu lebih murah.

 

Baca Juga: