Waspadai 3 Hal Ini Saat Bekerja Secara Remote

Waspadai 3 Hal Ini Saat Bekerja Secara Remote

Terjadinya pandemi selama kurang lebih dua tahun ini membuat banyak perusahaan mau tidak mau harus mempekerjakan karyawannya secara online atau WFH (Work From Home), atau juga biasa kita sebut remote working. Meskipun sebenarnya bekerja secara remote (remote working) sudah ada bahkan sebelum pandemi, tetapi sepertinya kini hal tersebut akan menjadi pertimbangan untuk perusahaan yang baru saja merasakan kelebihan dari remote working.

Bagi yang baru akan memulai, remote working memang terdengar menyenangkan. Namun sebenernya ini pun dapat menjadi boomerang jika kamu hanya menyikapi dari sisi enaknya saja. Nyatanya, remote working justru memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada bekerja di kantor.

 

Sebelum menjadi boomerang untuk diri sendiri, sebaiknya pahami dan ingat beberapa hal ini agar kamu tidak melakukannya saat bekerja secara remote.

 

1. Bekerja sesuai waktu yang disepakati dengan perusahaan

Sumber; pexels

Umumnya bekerja secara remote dapat dilakukan secara fleksibel, baik itu dari segi waktu dan juga tempat. Namun, terkadang ada beberapa kondisi yang menyebabkan kamu harus bekerja di waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan, misalnya dari jam 9 pagi sampai jam 6 sore.

Disaat perusahaan memberikan aturan waktu tersebut, tentu saja kamu harus mengikutinya dengan benar, bekerja sesuai waktu tersebut. Memang perusahaan tidak akan tahu apa yang sebenarnya kamu lakukan, karena tidak sedang bekerja di kantor. Tetapi bukan berarti kamu dapat meremehkan aturan tersebut dengan melakukan kegiatan lain diluar pekerjaan. Karena tidak menutup kemungkinan kantor dapat mengetahuinya dengan cara lain, yang kemudian dapat menjadi catatan untuk kamu nantinya.

 

2. Harus memastikan komunikasi berjalan lancar dan cepat

tips membeli smartphone

Kunci terbesar dari bekerja secara remote adalah komunikasi. Saat berada di kantor, atasan dapat dengan mudah berbicara dengan kamu saat melihatmu ada di meja. Tetapi bagaimana jika kamu tidak sedang di kantor? Tentu saja atasan hanya dapat mengirimkan pesan atau melakukan panggilan jika sangat urgent. Terdengar remeh dan bisa kita abaikan, tetapi disinilah atasan dapat melihat seberapa besar tanggung jawab kita terhadap perkerjaan.

Saat bekerja secara remote, kamu harus berkomitmen dapat membalas pesan dengan cepat serta menjawab panggilan dengan cepat. Memang akan ada kondisi seperti kamu sedang di kamar mandi, mengambil minum di dapur, dan sebagainya, tetapi hal-hal ini masih dapat dimaklumi karena tidak memakan waktu lebih dari satu jam. Akan berbeda ceritanya jika pesan baru kamu balas satu atau dua jam kemudian, atau bahkan mengabaikannya hampir satu hari penuh. Tentu hal ini dapat menjadi masalah dikemudian hari jika sering kamu lakukan.

 

3. Jangan mengulur waktu

Buka situs game online yang ringan, hindari situs game strategi

Entah disadari atau tidak, bekerja diluar kantor dapat membuat kita sedikitnya meremehkan pekerjaan. Dalam artian ada kemungkinan kita mengulur-ulur waktu saat mengerjakan sesuatu. Jika bekerja di kantor kita selalu merasa diawasi secara langsung selama bekerja, hal ini tidak berlaku saat bekerja secara remote. Karena tidak adanya perasaan itulah, secara tidak sadar terkadang pekerjaan yang sebenarnya dapat diselesaikan sepuluh menit, berubah menjadi satu jam.

Itulah sebabnya, bekerja secara remote butuh tanggung jawab yang besar dari diri sendiri. Hilangnya perasaan diawasi tersebut menandakan bahwa kamu mengerjakan sesuatu bukan hanya karena tanggung jawab, tetapi karena merasa sedang diawasi. Berbeda jika sejak awal kamu sepenuhnya mengerjakan karena tanggung jawab, tentu saja kamu akan menyelesaikan pekerjaan tersebut secara normal, tanpa mengulur-ulur waktu.

 

Perlu diingat, sumber informasi perusahaan tidak hanya dari diri kita. Tetapi banyak media dan sumber informasi lain yang perusahaan miliki. Jadi alangkah baiknya untuk kamu tidak meremehkan sedikit pun aturan perusahaan, meskipun kamu tidak sedang bekerja di kantor sekalipun. Justru jadikan kesempatan bekerja secara remote sebagai bukti bahwa kamu tetap dapat bekerja dengan baik meskipun tidak di kantor.

Bukankah akan lebih menyenangkan jika dapat bekerja di rumah, karena memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga? Atau mungkin bekerja sambil berlibur? Terdengar sangat menyenangkan bukan? Jadi, jangan pernah memberikan kesan negatif jika kamu ingin tetap memiliki kesempatan yang besar untuk bekerja secara remote.

 

Baca Juga: