Tips Meningkatkan Semangat Belajar

Desain Area Belajar

Berbicara tentang belajar memang terkadang membosankan, bahkan terkesan bikin malas. Padahal belajar sangatlah penting, tidak hanya bagi pelajar tetapi juga untuk semua usia.

Memang faktor dari diri sendiri adalah pemicu utama dalam meningkatkan semangat belajar, namun ternyata faktor eksternal pun memiliki pengaruh terhadap semangat belajar kamu.

Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan demi meningkatkan semangat belajarmu :

1. Poster Penyemangat

Poster Penyemangat

Ada begitu banyak quote yang tersebar di internet saat ini. Kamu bisa banget nih menggunakannya sebagai kalimat motivasi. Pilih quote-quote favoritmu, kemudian cetak dalam ukuran poster, atau ukuran sedang pun tidak masalah selama dapat terlihat jelas meskipun dari jarak jauh. Setelah itu tempelkan pada dinding kamar atau area belajarmu.

Pilihan lainnya kamu juga dapat menuliskan mimpi-mimpi yang ingin kamu capai. Jangan lupa untuk ditempelkan juga pada dinding atau meja belajarmu. Sebisa mungkin letakkan pada area yang mudah terlihat. Karena semakin sering kamu membacanya, semakin sering pula kalimat-kalimat penyemangat itu terngiang dalam benakmu. Sehingga hal tersebut tentu saja mampu menjadi pemicu agar kamu lebih semangat belajar.

 

2. Pasang Foto Idola

Definisi idola tidak melulu orang terkenal ya, kamu bisa pasang foto siapapun yang dapat menjadi panutanmu, yang selama ini selalu mampu membuatmu semangat saat melihat fotonya.

Setiap orang pasti memiliki sugesti masing-masing terhadap orang yang mereka suka, dimana sebenarnya hal ini dapat dimanfaatkan sebagai pemicu semangat, meskipun terkadang kita sendiri tidak menyadarinya.

Coba deh mulai sekarang pasang foto idolamu, atau foto orang yang menjadi alasan kamu untuk tetap berjuang. Sehingga ketika sering melihat foto tersebut kamu akan semakin bersemangat dengan apa yang kamu lakukan.

 

3. Modifikasi Buku

Modifikasi Buku

Tidak ada salahnya memodifikasi buku sesuai selera kita. Karena nyatanya hal tersebut mampu menjadi salah satu faktor yang membuat kita selalu tertarik dengan buku tersebut. Hias bukumu menjadi semenarik mungkin agar kamu pun selalu tertarik untuk melihatnya, kemudian membacanya. Disaat buku itu selalu menarik untukmu, tidak menutup kemungkinan kamu akan selalu membawanya kemanapun kamu pergi. Dimana hal ini tentu saja berpengaruh pada kamu yang akhirnya tanpa sadar telah belajar dimanapun dan kapanpun.

 

4. Desain Area Belajar

Desain Area Belajar

Mengatur area belajar rupanya tidak bisa sembarangan, karena terkadang desain area belajar ini pun dapat menjadi faktor paling penting dalam meningkatkan semangat belajar.

Ketika desain area belajar tidak sesuai dengan keinginan atau gaya yang kamu suka, besar kemungkinan kamu akan malas berada di tempat itu, yang berdampak pula pada rasa malasmu untuk belajar.

Nah, mulai sekarang kamu bisa nih coba untuk mengatur ulang area belajarmu. Buat senyaman mungkin sesuai gaya kamu, tambahkan pula pernak-pernik yang kamu sukai agar semakin memberikan suasana yang menyenangkan. Sehingga ketika melihat area belajar itu, kamu akan selalu tertarik untuk mendatanginya dan dapat membuat semangat belajarmu pun meningkat.

 

Baca Juga:

 

Nah, itu dia 4 tips yang mungkin bisa kamu lakukan agar semangat belajarmu selalu tinggi dan semakin meningkat. Selamat Mencoba!