6 Tips Meningkatkan Kreativitas

6 Tips Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas adalah salah satu poin penting yang harus kita miliki saat ini. Melihat semakin banyaknya ide-ide yang bermunculan di era saat ini, artinya kita pun dituntut untuk semakin kreatif agar tidak tertinggal.

Dengan meningkatnya kreativitas maka kamu akan semakin sering menuangkan berbagai macam ide unik yang dapat menjadi nilai lebih, sehingga pada akhirnya akan mampu menjadi awal dari inovasi baru yang dapat kamu ciptakan.

Lalu, bagaiamana cara meningkatkan kreativitas?

Pada intinya kreativitas dapat kamu tingkatkan dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Nah, ini dia beberapa kebiasaan yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kreativitas.

1. Perbanyak membaca

Salah satu cara yang dapat menambah dan mengembangkan pengetahuanmu adalah dengan membaca. Ide-ide yang kamu ingin kembangkan juga bisa didapatkan dari membaca. Dengan membaca selain mampu melatih otakmu agar bekerja dengan maksimal, daya ingatmu juga akan lebih tajam karena terus terasah.

 

2. Mempelajari sesuatu yang baru

Belajar sesuatu yang baru tidak hanya akan meningkatkan pengetahuan serta pengalamanmu, tetapi otak kamu akan lebih fresh karena sedikit keluar dari zona nyamanmu.

Bisa jadi pula setelah menemukan hal baru, kamu juga menemukan potensi lain yang belum pernah kamu ketahui. Ide-ide yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya juga bisa saja muncul dengan cara ini karena semakin banyaknya hal baru yang kamu ketahui.

 

3. Menikmati hobi

Hobi dapat menjadi cara untuk kamu menyeimbangkan diri, juga agar suasana hatimu dapat menjadi lebih baik. Apalagi bagi kamu yang sibuk bekerja dan tak jarang dilanda stress. Hobi akan menjadi caramu untuk mengisi ulang energi dan kembali seperti semula.

Selain itu, siapa sangka terkadang hobi pun dapat menjadi sumber kreativitasmu. Bermula dari melakukan kegiatan tertentu sesuai hobi, kemudian ingin mengembangkan kegiatan tersebut agar hobi yang kamu jalani semakin menyenangkan, dan bisa saja ditengah perjalanan pengembangan tersebut muncul ide-ide unik yang bisa kamu terapkan di tempat lain.

 

Peka dan Mengamati secara detail

 

4. Sering mengamati secara detail

Kita pasti sering memperhatikan sesuatu yang ada di sekitar kita, dimana umumnya penyebab kamu memperhatikannya adalah karena menarik. Coba saat memperhatikan tersebut tidak hanya melihat sekilas, namun juga perhatikan secara detail, amati setiap detail aktivitas atau benda yang menarik perhatianmu.

Tujuannya adalah karena hal ini dapat membantu kamu dalam melatih dan mempertajam ingatanmu. Ketika banyak hal yang mampu kamu ingat, maka tidak menutup kemungkinan kamu akan membutuhkannya dikemudian hari sebagai informasi yang dapat menjadi sumber kreativitasmu.

 

5. Lebih peka terhadap lingkungan

Meningkatkan kepekaanmu terhadap lingkungan rupanya juga cukup penting dalam mengasah kreativitasmu. Pasalnya sikap peka yang kamu miliki dapat membantu dalam mengamati situasi sekitar. Tentu saja hal ini mampu menjadi sumber informasi yang dapat kamu simpan.

Bahkan tidak jarang pula kamu bisa mendapatkan ide-ide unik yang belum terpikirkan oleh orang lain. Karena sikap peka yang kamu miliki dapat membuatmu berpikir lebih jauh sebelum orang lain memikirkannya.

 

6. Sering berinteraksi dengan orang lain

Hampir sama dengan membaca, sering berinteraksi dengan orang lain mampu membuatmu mendapatkan informasi lebih banyak. Dimana tentu saja informasi ini yang dapat kamu simpan atau bahkan kamu gunakan saat itu juga sebagai bahan dari ide-ide yang kamu miliki.

Bahkan, tak jarang pula disela pembicaraan tiba-tiba saja kamu terpikirkan satu atau beberapa ide baru. Jika hal tersebut terjadi, segera catat atau simpan dalam memori otak kamu dan segera eksekusi.

 

Baca Juga:

 

Semoga tips-tips nya bermanfaat ya, guysKeep Creative!