6 Cara Ampuh Meredakan Ketegangan Pada Otot

6 Cara Ampuh Meredakan Ketegangan Pada Otot

Salah satu kondisi yang menandakan bahwa kamu mengalami ketegangan pada otot adalah ketika bagian tubuh seperti punggung, kaki, leher, bahkan kepala merasakan nyeri yang tak tertahankan. Selain itu ciri-ciri lainnya adalai stamina mulai melemah, konsentrasi menurun, serta tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Apalagi jika kamu memiliki tingkat kesibukan yang tinggi dan sering kelelahan, ketegangan pada otot yang menimbulkan rasa nyeri menjadi semakin sulit untuk dihindari.

 

Sebelum mengalami ketegangan pada otot, serta agar tidak bertambah parah, kamu perlu secara rutin melakukan beberapa kegiatan untuk melemaskan otot kamu. Berikut beberapa cara yang cukup ampuh untuk melemaskan otot:

 

1. Peregangan

Efek kelelahan di sela kesibukan atau setelah melakukan aktivitas seharian benar-benar mengganggu. Salah satu cara yang mampu membuat tubuh kembali lebih segar adalah melakukan peregangan. Kamu tidak perlu menetapkan waktu khusus untuk kegiatan ini. Cukup lakukan disela-sela kesibukan atau waktu istirahat, sehingga kamu tetap mampu melakukan kegiatan lain tanpa merasa terganggu. Peregangan itu sendiri berfungsi untuk mengurangi ketegangan dan cedera otot terutama persendian.

 

2. Mandi air hangat

Siapa yang tidak suka mandi air hangat, terutama ketika cuaca dingin. Mandi air hangat dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Air hangat sangat bermanfaat untuk melancarkan aliran darah dan menghilangkan sakit pada tubuh. Otot yang tegang pun dapat menjadi lemas dan tidur pun menjadi lebih nyenyak.

 

Peregangan
Peregangan

 

3. Pijat

Pemijatan dapat membantu menyembuhkan otot kamu yang sakit dengan sangat baik. Melakukan pemijatan pun tidak harus pergi ke tempat pijat, karena kini telah banyak tukang pijat yang dapat datang langsung ke rumah.

Jika tidak sempat membuat janji dengan tukang pijat, kamu juga bisa kok melakukannya sendiri. Dengan cara memijat titik-titik pada tubuh yang dapat membuatmu merasa lebih segar.

 

4. Meminum minuman hangat

Cobalah untuk meminum minuman yang hangat daripada yang dingin. Selain mampu lebih cepat menghilangkan dahaga, air hangat juga dapat mengembalikan suhu tubuh ke kondisi normal. Apalagi jika kamu meminum air hangat pada cuaca panas, efeknya akan lebih baik lagi. Minuman hangat sangat baik untuk melemaskan otot dan melancarkan darah. Kamu dapat mencoba minuman hangat selain air putih, seperti teh hangat atau minuman jaheĀ  yang memberikan manfaat lebih baik pada tubuh karena kandungannya.

 

Pijat
Pijat

 

5. Menggunakan minyak pijat atau salep untuk otot

Cara termudah dan cepat untuk mengatasi ketegangan otot akibat kelelahan adalah dengan mengoleskan minyak herbal atau salep khusus otot yang sakit. Lelah yang kamu rasakan dapat berkurang seketika, namun efek yang kamu rasakan juga tidak terlalu lama, hanya sesaat. Meskipun begitu, kamu perlu menyediakan ini untuk pertolongan pertama agar tubuhmu dapat kembali fit dengan cepat. Jika kamu mengalami sakit kepala, perut atau masuk angin, minyak pijat atau salep ini dapat kamu gunakan.

 

6. Tidur

Salah satu penyebab ketegangan pada otot adalah kurangnya waktu tidur. Apalagi aktivitas kamu sangat tinggi sepanjang hari. Tidur adalah obat yang paling baik dan menyenangkan dalam memberi jeda pada tubuh. Namun, kamu juga perlu memperhatikan posisi tidur dan lama waktu tidur agar manfaat yang kamu dapatkan pun lebih maksimal. Jangan sampai otot tubuh kamu semakin sakit dan menimbulkan permasalahan baru yang tidak diinginkan.

 

Baca Juga: