5 Tips Anti Nyasar saat Menggunakan Google Maps

5 Tips Anti Nyasar saat Menggunakan Google Maps

Era digital seperti saat ini memang sudah sepantasnya untuk kita memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada demi mempermudah kegiatan kita, salah satunya Google Maps. Aplikasi bawaan Google ini menjadi salah satu aplikasi maps terbaik yang banyak digunakan.

Namun, sebaik-baiknya aplikasi memang tak mungkin bebas dari kesalahan. Sudah menjadi rahasia umum jika Google Maps terkadang memberikan arahan yang kurang sesuai, seperti melewati jalanan yang sangat sempit, jalanan yang kurang bagus, dan sebagainya.

Itulah sebabnya kita tidak bisa percaya sepenuhnya pada aplikasi, harus tetap ada pemahaman dari diri sendiri maupun orang lain yang sedang bersama kita dalam perjalanan.

 

Tapi tidak perlu khawatir, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tidak tersesat saat menggunakan Google Maps.

 

1. Mengatur maps sesuai dengan kebutuhan

Mengatur maps sesuai dengan kebutuhan

Ada banyak pilihan yang dapat kamu tentukan sebelum memulai perjalanan bersama Google Maps. Yang pertama mengatur tujuan, kemudian mengatur kendaraan yang kamu gunakan. Mengatur kendaraan cukup penting karena maps akan menentukan rute sesuai kendaraan yang kamu gunakan. Jika menggunakan mobil, terkadang maps akan mengarahkan melalui tol, tetapi jika tidak ingin menggunakan tol, kamu bisa menonaktifkan fitur tol di maps.

 

2. Mempelajari, memahami dan memilih rute yang sesuai

Mempelajari, memahami dan memilih rute yang sesuai

Tidak jarang maps akan memberikan beberapa pilihan rute, dan secara otomatis memilih rute tercepat. Jika kamu merasa kurang yakin dengan rute tercepat yang telah dipilihkan, kamu bisa kok menggantinya sesuai rute yang kamu yakini. Karena pemilihan rute tidak hanya berdasarkan mana yang tercepat, tapi juga perlu disesuaikan dengan kondisi kendaraan kamu. Yang mana bagian ini tentu saja tidak dapat dilakukan oleh Google Maps, sehingga perlu pertimbangan dari diri sendiri.

 

3. Tetap fokus dengan rute yang dilalui

Tetap fokus dengan rute yang dilalui

Menyetir kendaraan apapun sudah pasti butuh konsentrasi, tetapi menyetir dengan memanfaatkan maps sebagai pemandu jalan membutukan konsentrasi yang lebih tinggi. Kamu tidak hanya dituntut untuk fokus dalam menyetir, tetapi juga fokus dengan jalanan yang dilalui. Kamu harus memastikan apakah jalan yang kamu lalui sudah sesuai dengan arahan maps, serta meyakinkan atau tidak. Karena tidak jarang maps mengarahkan kita ke jalanan yang kurang meyakinkan. Jika kamu merasa kurang yakin, langsung ubah arah kendaraanmu agar maps pun akan menyesuaikan kembali rutenya.

Kurang meyakinkan disini adalah jalanan yang kadang sulit dilalui oleh mobil, dan masih banyak alasan lainnya.

 

4. Selalu mengamati nama jalan dan gedung di area tertentu

Selalu mengamati nama jalan dan gedung di area tertentu

Meskipun Google Maps dapat memberikan arahan melalui suara sebelum berbelok, namun tidak menutup kemungkinan kita salah dalam mengartikannya, yang berakibat membuat kita salah jalan. Inilah kenapa kamu harus memperhatikan nama jalan dan patokan gedung tertentu, untuk memastikan apakah arah belokan kamu sudah sesuai atau belum. Jika kesulitan memastikannya saat sedang menyetir, menepi sebentar untuk memastikan diposisi mana kamu harus berbelok, putar balik, dan sebagainya.

 

5. Memastikan ciri-ciri dari lokasi tujuan

Memastikan ciri-ciri dari lokasi tujuan

Jika kamu benar-benar baru dan sama sekali belum pernah mendatangi tujuanmu itu, akan lebih baik bagi kamu memperhatikan ciri-ciri dari tujuanmu. Ini dapat kamu lakukan saat memilih titik tujuan. Karena begitu banyaknya data yang ditampung oleh Google Maps, tidak menutup kemungkinan ada tempat-tempat dengan nama yang sama persis. Sehingga kamu perlu memastikan nama jalannya sesuai dan ciri-ciri lokasinya pun sesuai. Hal ini juga akan membantu kamu saat tiba di tujuan, kamu dapat memastikan apakah itu benar lokasi yang kamu cari atau tidak.

 

Nah, itu dia 5 tips yang dapat kamu coba lakukan saat akan memanfaatkan Google Maps sebagai peta digital kamu. Namun, meskipun peta digital ini sudah sangat canggih, tidak ada salahnya kok jika kamu ingin bertanya ke orang sekitar. Hal ini justru akan semakin memperkuat pemahaman kamu akan rute yang diarahkan oleh Google Maps, sehingga kamu semakin yakin apakah rute tersebut sudah sesuai atau belum. Daripada ragu-ragu, lebih baik bertanya untuk memastikan keraguan kamu itu.

 

Baca Juga: