5 Tanda Jika Kamu Bukan Penggila Social Media

Kebanyakan teman kamu di social media adalah orang yang kamu kenal

Di era saat ini siapa sih yang tidak mengenal yang namanya social media? Kamu tentu tahu bukan? Bahkan mungkin kamu banyak memanfaatkan ini untuk berbagi dan berbincang setiap hari.

Tidak hanya berbincang atau menggunakan kata-kata, kamu juga dapat berbagi foto, video, data dan masih banyak lainnya hanya dalam satu aplikasi. Praktis bukan?

Namun, terlalu bergantung dengan social media juga bukan hal yang bagus. Meskipun banyak keuntungan yang dapat diperoleh, bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Salah satu dampak buruknya adalah jika kamu berubah menjadi penggila social media.

Memangnya bagaimana sih tanda-tanda orang yang tidak tergila-gila dengan social media?

Nah, inilah beberapa tanda jika kamu bukan penggila social media.

1. Tidak menganggap sosial media sebagai buku harian

Tidak menganggap sosial media sebagai buku harian

Banyak orang yang salah kaprah ketika menggunakan sosial media. Mereka selalu update setiap hal yang mereka lakukan. Walaupun akun tersebut milik pribadi, namun apa yang kamu tulis dan posting itu akan menjadi konsumsi publik. Apalagi jika kamu membuat atau mengunggah sesuatu yang memicu perselisihan, tentu itu bisa saja menjadi masalah yang panjang nantinya.

Terlalu memperlihatkan setiap kegiatan pribadi kita itu juga tidak baik, karena dikhawatirkan dapat menjadi pemicu kejahatan. Selain itu terlalu banyak mengunggah sesuatu yang kurang bermanfaat untuk orang lain juga bisa saja membuat mereka merasa terganggu. Karena itulah kamu harus lebih bijak sebelum mengunggah sesuatu di media sosial.

 

2. Hanya menggunakan social media yang dianggap penting

Hanya menggunakan social media yang dianggap penting

Kalau kamu memang membutuhkan banyak social media, tentu kamu boleh malakukan ini. Apalagi jika kamu bergerak dibidang bisnis yang memerlukan promosi di berbagai platform media sosial.

Jika tidak, lebih baik kamu menggunakan media sosial yang dianggap perlu saja. Tak bisa dipungkiri, pada masa sekarang keberadaan media sosial begitu penting bagi kebanyakan orang. Hanya saja menggunakan media sosial yang terlalu banyak tentu akan membuang-buang waktu dan kapasitas memori gadget kamu. Apalagi jika suka membuat banyak akun pada salah satu media sosial.

 

3. Tidak terlalu suka like dan baca status orang lain

Tidak terlalu suka like dan baca status orang lain

Penyakit yang sering menghinggapi penggila social media adalah menghabiskan waktu untuk membaca satus orang kemudian memberikan tanda like atau unlike. Tidak masalah jika hanya sesekali, namun jika berkali-kali apalagi sampai mengabaikan aktivitas kamu di dunia nyata, tentu saja itu menjadi tidak baik. Tidak sedikit yang menganggap ini adalah kegiatan yang tidak penting, malah sia-sia.

 

4. Ketika berkumpul, menjauh dari gadget terutama social media

Ketika berkumpul, menjauh dari gadget terutama social media

Kini, berkumpul bersama orang lain terutama keluarga dan teman termasuk suasana yang cukup langka. Apalagi jika kamu memiliki aktivitas yang cukup tinggi, sulit bagimu dalam menyempatkan diri atau meluangkan waktu untuk menikmati kegiatan ini. Terutama bagi kamu yang sudah jauh pergi dari tempat menetap biasanya. Jika kamu tetap sibuk dengan gadget dan berbincang dengan orang lain di media sosial, kamu tidak akan bisa memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin. Orang lain juga akan salah paham karena mereka merasa diabaikan ketika berbincang-bincang.

 

5. Kebanyakan teman kamu di social media adalah orang yang kamu kenal

Kebanyakan teman kamu di social media adalah orang yang kamu kenal

Tidak sedikit yang menganggap memiliki banyak teman di social media itu keren. Apalagi teman yang kamu punya adalah seseorang yang populer, meskipun kamu tidak mengenal secara pribadi dengan orang tersebut. Padahal walaupun bukan di dunia nyata, kita harus tetap berhati-hati dalam berteman.

Kita tak pernah tahu apa yang terjadi bukan, ketika kamu memilih berteman dengan sembarang orang, kemudian ternyata mereka adalah penguntit atau pencuri yang memanfaatkan data pribadimu, menakutkan bukan?

Itulah sebabnya akan lebih baik dan sedikit lebih aman jika di teman kamu di social media adalah orang-orang yang memang kamu kenal secara pribadi.

 

Baca Juga:

 

Jadi, bagaimana? Apakah kamu memiliki salah satu dari tanda-tanda tersebut?